JENIS DAN HARGA SENAPAN ANGIN

Ada banyak jenis senapan angin yang diproduksi hingga saat ini. Setiap jenis senapan memiliki harga dan fungsi yang berbeda-beda, oleh karenanya harus pintar-pintar dalam memilih senapan angin. Agar tak bingung dalam memilih senapan angin, di bawah ini ada beberapa jenis senapan angin beserta harganya :

1. Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP) – Di atas 2 Juta
Senapan PCP atau pre charged pneumatic merupakan jenis senapan yang mampu menghasilkan beberapa tembakan setiap satu pengisian gas. Senjata yang satu ini memang menggunakan gas atau udara yang nantinya akan dimampatkan pada tabung senapan. Karena digunakan untuk melakukan tembakan yang banyak tanpa bolak-balik mengisi angin, udara atau gas yang diisi dikompresi dengan tekanan yang tinggi.
Dengan tekanan tersebut, senapan PCP mampu menembakkan proyektil hingga lebih dari 1000 fps, sangat cocok untuk small dan medium hunting. Jenis senapan yang satu ini juga mendukung semua jenis pellets, termasuk pellets pile driver. Beberapa jenis senapan pcp adalah PCP Bocap dan PCP Marauder.
Yang menjadi kekurangan dari jenis senapan ini adalah harganya relatif mahal, karena harga senapan angin ini di atas 2 juta, bahkan ada yang sampai 5 juta. Selain itu, pengisian anginnya juga harus memerlukan pompa khusus dengan nama pompa pcp atau bisa juga dengan memakai tabung scuba.

2. Senapan Angin Gejluk – 2 Jutaan
Jenis senapan angin yang selanjutnya adalah senapan angin gejluk. Diberi nama gejluk karena saat pengisian angin, senapan harus terlebih dahulu digejluk atau dihentakkan. Berbeda dengan senapan pcp yang harus menggunakan pompa eksternal, karena senapan gejluk sudah terpasang pompa di badan senapannya.
Sebenarnya senapan angin gejluk dan pcp memiliki spesifikasi yang bisa dibilang mirip. Keduanya sama-sama jenis senapan yang bisa menghasilkan tembakan yang banyak dalam sekali isi udara. Keduanya juga memiliki power yang hampir mirip, padahal power dari pcp sudah tergolong sangat bagus. Jenis senapan angin seperti ini dapat ditemui pada senapan angin pasopati dan sanaji.
Walaupun begitu, tetap saja senapan angin ini memiliki banyak kekurangan. Seperti harga senapan angin ini berkisar di angka 2 jutaan, walaupun tidak terlalu mahal, namun bisa dibilang tidaklah murah. Selain itu, dalam mengisi angin, senapan ini juga memerlukan waktu yang banyak dan melelahkan. Sebab proses memompa anginnya harus dilakukan ratusan kali, bahkan setiap 50 kali pemompaan, tabung harus diistirahatkan dulu karena tabungnya akan memanas.

3. Senapan Angin Sharp – 1 Jutaan
Jenis senapan angin sharp dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya Jawa dengan nama uklik. Berbeda dengan kedua jenis senapan di atas, senapan angin sharp menggunakan pompa tangan, sehingga sangat praktis untuk digunakan. Senapan angin yang satu ini sangat cocok untuk digunakan pada small hingga medium games, karena mampu menembak dengan jarak 20 hingga 60 meter dengan power sekitar 800 fps.
Salah satu produk terbaik dari kategori senapan uklik atau sharp adalah senapan angin Goppul – Night Furry. Keunggulannya, bahannya yang berkualitas, karena produk asli Indonesia ini menggunakan popor berbahan kayu mahoni yang sangat kuat namun ringan. Body pipanya juga terbuat dari bahan kuningan berkualitas baik.
Kekuatan tembakannya sangatlah dahsyat, karena hanya dengan 5 kali pompa, mampu menghasilkan tembakan peluru yang cepat dan terarah. Banyak pemburu yang telah menjajal senapan angin ini dan mampu headshot, satu kali tembak mati. Sangat cocok untuk dijadikan alat untuk berburu ikan, burung, biawak, tupai, dan lain-lain.
Bagi yang tertarik membeli senapan dengan kaliber 4,5 mm tersebut, bisa langsung membelinya di www.indosniper.com dengan harga kurang dari satu juta.